Selamat Hari Lanjut Usia!
Keluarga Hebat, Caregiver Bersahabat, Lansia SMART!

Secara alami proses menjadi tua mengakibatkan para lanjut usia (Lansia) mengalami kemunduran fisik dan mental. Kesehatan merupakan aspek yang sangat penting pada kehidupan Lansia sehingga diperlukan upaya menyeluruh serta pembinaan dan pelayanan yang terus menerus. Pelayanan kesehatan kepada Lansia dilakukan mulai dari keluarga. Pelayanan kesehatan dari masyarakat melalui Posyandu Lansia/ Posbindu, dan pelayanan di sarana pelayanan kesehatan dasar dengan mengembangkan puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun Lansia serta pelayanan rujukannya yaitu penyelenggaraan pelayanan geriatri terpadu di rumah sakit.

Pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative yang merupakan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia harus dilakukan secara komprehensif yang tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun perlu dukungan dan kontribusi stakeholder terkait, baik lintas program, lintas sektor, organisasi profesi, dan organisasi kemasyarakatan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam pemeliharaan kesehatan Lansia.

Salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada Lansia adalah adanya peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). HLUN diperingati setiap tanggal 29 Mei sebagai momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk meningkatkan upaya kesehatan Lansia menuju Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif). Melalui peringatan HLUN ke-27 ini diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan, kepedulian dan edukasi baik keluarga dan masyarakat dalam upaya kesehatan Lansia di seluruh Indonesia.

Selamat Hari Lanjut Usia!
Keluarga Hebat, Caregiver Bersahabat, Lansia SMART!