Jangan Ada Lagi Stigma Buruk Untuk ODHA

Dinkes-Sidoarjo

Stop Diskriminasi. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum  meminta stigma buruk terhadap Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) tidak lagi dilakukan. Hal tersebut diungkapkan saat membuka kegiatan Bina Kelompok Potensial Dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Menuju “Sidoarjo Bebas Diskriminasi HIV-AIDS” di pendopo Delta Wibawa, Senin (14/9).

Bisa dipahami, bila terjadinya diskriminasi mungkin semua itu dikarenakan ketidakpahaman terhadap  HIV-AIDS. Penyakit HIV-AIDS tidak menular melalui sentuhan, udara, maupun bersalaman. Atau bahkan melalui ciuman, batuk, bersin atau memakai fasilitas umum bersama semisal memakai kolam renang atau toilet umum. Namun begitu banyak orang berfikir hal tersebut dapat menyebabkan penularan. Walaupun semua itu salah, penyakit AIDS sama dengan penyakit menular lainnya yang dapat dicegah dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Ika Harnasti bahwa stigma terhadap ODHA masih terjadi di Kabupaten Sidoarjo.  “Kalau kita tahu cara penularan HIV-AIDS, saya kira masyarakat tidak perlu mendiskriminasi maupun berstigma kepada penderita HIV-AIDS,”ujarnya. (ct)