Menuju Lansia Sehat Diseminarkan

Sidoarjo

Pertambahan usia, secara alami tidak bisa dihindari. “Tetapi kita semua beharap menjadi tua yang sehat, bahagia, dan sejahtera. Ini akan terwujud bila kita menjaga dan mempersiapkannya sejak usia dini,” ini disampaikan oleh Pejabat Pelaksana (PJ) Bupati Sidoarjo Drs. Ec. Jonathan Judianto MMT dalam Seminar Menuju Lansia Sehat, Siap Membangun Negeri (9/11). Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan ini dikuti oleh sekitar 48 orang peserta.

Dalam sambutannya, Jonathan juga menyampaikan menjadikan lansia sehat, bahagia, dan sejahtera tentu saja bukan hanya tanggungjawab salah satu sektor saja. Namun merupakan tanggung jawab bersama antara individu, keluarga, masyarakat dan lintas sektor di kabupaten. Oleh karena itu, usia harapan hidup (UHP) dan Dinas Kesehatan Sidoarjo sebagai ujung tombak pemerintah daerah, layanan kesehatan paripurna perlu dilakukan.

“Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memiliki komitmen mendukung kesejahteraan lansia, ini dibuktikan dengan Perda nomor 4 tahun 2010 dan Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2011. Dan pelayanan usia lanjut bisa diperoleh di puskesmas dengan disediakannya poli lansia dan geriatric di rumah sakit. Bisa juga melalui Posyandu lansia yang dinaungi dalam wadah Karang Werda,” katanya. (cat)