Dinkes-Sidoarjo

Siapkan kesehatan sejak dini. Itulah salah satu saran dr M. Ato’Ilah, Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Sidoarjo, dihadapan sekitar 300 calon jemaah haji (CJH) yang diestimasikan berangkat tahun 2020.

Pengarahan dan pembinaan kesehatan CJH Sidoarjo tahun 2020 tersebut dilaksanakan di ruang Delta Graha Setda Sidoarjo, (18/9).

Sejak saat ini, para CJH dari Sidoarjo harus mempersiapkan kesehatan fisik dan mental, agar saat berada di Arab Saudi kondisinya bugar. Perlu diketahui,  tahun 2019 ada tiga CJH di Sidoarjo meninggal dunia di Arab Saudi karena sakit dan banyak yang beresiko tinggi. Sekitar 70% terdiri dari jemaah Lanjut Usia (Lansia) yang menderita penyakit kronis seperti diabetes miletus (DB) dan kolesterol tinggi. Tahun 2019,  jumlah CJH Sidoarjo yang berangkat ada 2.164 orang.

“Penderita DB ini bisa dikontrol sebelum berangkat. Maka CJH harus jujur mengaku menderita sakit apa, supaya bisa dikontrol sebelumnya. Persiapkan kesehatan sejak dini, jaga pola makan,”katanya.

Mengantisipasi semua itu, direncanakan awal tahun 2020 nanti, para CJH  mulai diberikan vaksin; diantaranya vaksin meningitis. Vaksin ini sangat diperlukan. Mengingat, di Arab Saudi, para CJH Indonesial akan berkumpul dengan CJH dari seluruh dunia. Tujuan vaksin ini agar CJH tidak sampai kena radang selaput otak. (cat)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru