Masyarakat Sehat, Perlu Sinergi Stakeholder

Dinkes-Sidoarjo

Mempersiapkan derajat kesehatan warga Sidoarjo menjadi lebih baik menjadi tugas penting bagi segenap administrator kesehatan.  Demikian disampaikan dr. Zuhaida, sebagai sekretaris Dinas Kesehatan Sidoarjo yang baru.

“Secara totalitas tentu telah siap membantu Kadinkes menyelenggarakan segala giat dan mengemban tugas  pokok.  Termasuk tambahan bidang kesehatan selaras rencana strategis kesehatan Sidoarjo dalam rangka mencapai peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Khususnya penanganan yang lebih instensif terkait indikasi stunting, kesehatan ibu anak, promotif, preventif AIDS? HIV dan TBC di Sidzuhaidaaorjo,”katanya.

Muara giat tersebut diantaranya menyiapkan kesehatan masyarakat sidoarjo demi mendukung pencapaian peningkatan sumber daya manusia yang siap memasuki era mileneal.

Masyarakat Sidoarjo yang sehat tidak bisa dicapai hanya dengan program terencana. Dalam pelaksanaannya masih perlu didukung sinergitas berbagai stakeholder bidang kesehatan. Demi mencapai masyarakat sehat, kerjasama dengan berbagai unsur seperti Penakib, Apotik, Klinik,RSU Pemerintah dan Swasta jadi hal penting.

Akomodir semua ide dan gagasan pihak yang memberi masukan bahkan kritikan bila hal itu  dinilai mampu memberi perubahan yang lebih baik. Keterbukaan informasi kesehatan perlu dibuka bagi kepentingan ilmiah yang hasil penelitian tersebut diyakini bisa menjadi pegangan operasional program terbaru Dinkes yang menyentuh kesehatan masyarakat terutama bidang preventif. (cat)