Tahun 2022 di Kabupaten Sidoarjo Akan Didirikan Griya Sehat Fasyankes Pengobatan Tradisional

Foto : Rencana Pengembangan Pelayanan Kesehatan Tradisional
Foto : Rencana Pengembangan Pelayanan Kesehatan Tradisional

Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2022 mendatang akan mempunyai fasilitas layanan kesehatan tradisional (Fasyankes) khusus,  namanya Griya Sehat.  Lokasinya berada di Desa Pekarungan Kec. Sukodono.
Dikatakan oleh Kasi Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, Emy Sriwahyuni, Amd.Farm, MSi, sejumlah layanan kesehatan tradisional yang bisa dilayani disini  diantaranya seperti  layanan akupuntur, pijat sehat, akupresure, pijat bayi, spa dan ramuan herbal.

“Jenis layanan kesehatan tradisional ini akan dikelola Dinkes Sidoarjo, ” jelas Emi, belum lama ini, dalam dialog kesehatan.
Keberadaan Griya Sehat ini, kata Emi, bersifat promotif preventif dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat Sidoarjo. Keunggulan dari Fasyankes ini, menurut Emi,  pengobatan bersifat holistik, tanpa tambahan zat kimia, minim efek samping sehingga lebih aman.

“Dan tentunya biaya relatif terjangkau,” kata Emi.

Keberadaan Griya Sehat ini di Indonesia, menurut Emi,  masih langka. Karena fasilitas layanan kesehatan ini masih baru. Di Desa Pekarungan Kec. Sukodono, nantinya akan menempati lahan seluas kurang lebih 2000 M2. Konsep grand designnya sudah ditetapkan.

“Adanya Faskes khusus ini wujud perhatian Pemprov Jatim, dibawah kepemimpinan Ibu Khofifah,” jelasnya.

Para  petugas  di Griya Sehat ini nantinya,  kata Emi, adalah para tenaga medis tradisional yang mempunyai ketrampilan tradisional.

“Disini bisa ada layanan pijat, sehingga capek-capek bisa hilang,  juga pijat-pijat tradisional bagi mereka yang mengalami stroke,” katanya. *